Tema dan Logo Hari Air Sedunia 2016

Hari Air Sedunia, atau World Water Day akan diperingati pada tanggal 22 Maret 2016 di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Pada tahun ini, UN-Water, badan antar lembaga PBB yang mengordinir pelaksanaan Hari Air Sedunia telah merilis tema dan logo Hari Air Sedunia Tahun 2016.
Seperti pada perayaan tahun-tahun sebelumnya, tema dan logo Hari Air Sedunia (World Water Day) yang diangkat akan menjadi fokus utama kampanye akan pentingnya air bagi kehidupan serta untuk melindungi pengelolaan sumber daya air secara berkelanjutan.

Mengenal Hari Air Sedunia

 












Sebelum membahas tema dan logo, mari kita simak dulu apa itu peringatan Hari Air Sedunia.
Hari Air Sedunia atau World Water Day merupakan salah satu hari peringatan lingkungan hidup tingkat internasional. Tujuannya sebagai kampanye akan peran penting air bagi kehidupan serta mengajak masyarakat dunia untuk turut serta melindungi pengelolaan sumber daya air.
Hari Air Sedunia dicetuskan kali pertama saat digelar United Nations Conference on Environment and Development (UNCED) atau Konferensi Bumi oleh PBB di Rio de Janeiro pada tahun 1992. Pada sidang yang dilaksanakan pada tanggal 22 Desember 1992 tersebut, disepakati untuk menyelenggarakan peringatan Hari Air Sedunia yang akan digelar pertama kali pada 22 Maret 1993. Sejak itu World Water Day diperingati setiap tahun.

Logo dan Tema World Water Day 2016

Logo resmi Hari Air Sedunia Tahun 2016 adalah sebagai berikut.
Logo HAri Air Sedunia 2016

Sedangkan tema yang diangkat, sebagaimana termuat dalam logo di atas adalah “Water and Jobs” atau “Air dan Pekerjaan”.
Water and Jobs” diangkat sebagai tema Hari Air Sedunia Tahun (World Water Day) 2016 mengingat hampir setengah dari pekerja di dunia (1,5 miliar orang) bekerja di sektor yang terkait dengan air bahkan bisa dikatakan hampir semua pekerjaan tergantung pada air. Namun faktanya, jutaan orang yang bekerja tersebut tidak terpenuhi hak-haknya dengan baik.
Karena itu, logo dan tema Hari Air Sedunia 2016 ini memfokuskan pada kualitas dan kuantitas air yang akan dapat mengubah kehidupan dan mata pencaharian buruh. Bahkan mampu mempengaruhi masyarakat dan perekonomian dunia. Padahal pada tahun 2050, diprediksi populasi penduduk bumi akan meningkat hingga 35%.
Untuk itu, diperlukan kesadaran semua pihak akan pentingnya menjaga kualitas dan kuantitas air dalam menunjang kehidupan di muka bumi ini. Dan itu harus segera kita buktikan dalam aksi nyata mulai saat ini!.
Selamat Hari Air 2016 dan selamat bertindak nyata untuk air masa depan.


Referensi dan gambar: www.unwater.org/worldwaterday
Sumber artikel: http://alamendah.org/2016/03/17/tema-dan-logo-hari-air-sedunia-2016/

0 comments:

Followers