Sambut PW PTAI se-Indonesia, Panpel dan Sangga Kerja Gelar ToT

Guna menyambut dan mensukseskan Perkemahan Wirakarya Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAI) ke-X se-Indonesia pada bulan November tahun 2011 di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon, maka Panitia Pelaksana (Panpel) PW menggelar Training of Trainers (ToT), kepada anggota pramuka se-Kota Ambon. ToT ini dijadwalkan berlangsung selama lima hari, yang berlangsung sejak Selasa, 10 Mei 2011. Koordinator Bidang Kegiatan PW-PTAI X se-Indonesia Djainab Sopamena, kepada wartawan kemarin menyatakan, kegiatan ToT ini bertujuan untuk memantapkan sangga kerja yang ada di Maluku untuk menyukseskan PW se-Indonesia. Pasalnya, saat ini PW PTAI se-Indonesia tahun ini, akan berpusat di kampus IAIN Ambon-Maluku. Maka untuk mendukung dan mensukseskan kegiatan ini agar tetap lancar, maka diperlukan adanya ToT, sebagai langkah pemantapan panitia teknis lapangan.
Adapun peserta yang ikut dilibatkan dalam kegiatan ini kata dia, berasal dari Racana Al-Mulk IAIN Ambon, Dewan Kerja Daerah Gudep Pramuka Maluku, Gugus Depan (Gudep) Penegak KH Ahmad Dahlan SMA Muhammadiyah Ambon, Gudep Muhammadiyah SMK Muhammadiyah Ambon, Gudep Said Perintah SMA 11 Ambon, Gudep Pamaharu Uweng SMA 13 Ambon, Gudep Sultan Nuku MAN 1 Ambon dan Gudep Hi. A. Soulissa MA Alfatah Ambon, serta perwakilan Unit Kegiatan Mahasiswa Khusus (UKMK) se-IAIN Ambon. Kegiatan ini menghadirkan pemateri dari Dewan Kerja Kwartir Daerah Gudep Pramuka Pembina IAIN Ambon sebanyak 20 orang dan unsur pendukung sebanyak 10 orang. Ia menjelaskan, lewat ToT ini, para peserta akan dilatih untuk memahami, mengoptimalkan tugas-tugas teknik lapangan, sistem kerja yang profesional, pada saat pelaksanaan PW PTAI-X se-Indonesia di IAIN Ambon. “Karena sangga kerja sebagai penyelenggara teknik di lapangan, untuk membantu panitia inti, yang sudah di-SK-kan oleh Gubernur Maluku,” kata Djainab. Pasca kegiatan ini, akan dilanjutkan dengan pemantapan yang melibatkan semua unsur panitia penyelenggara sebelum PW digelar, guna merumuskan sub-sub tugas dari panitia penyelenggara. “TOT ini sebagai pembekalan untuk sangga kerja, karena sebagai pelaksana kegiatan, maka segala sesuatu harus disiapkan dari sekarang agar kegiatan ini bisa sukses,” urai dia.
Menurutnya, kegiatan TOT ini juga bisa membantu sangga kerja dalam melaksanakan aktifitas mereka saat PW nanti, dimana persiapan-persiapan mulai dari acara pembukaan sampai penutupan bisa berjalan tanpa ada hambatan dan gangguan. “Dengan ToT, sangga kerja ini bisa mampu mentransfer dan mengembangkan kepribadian mereka saat kegiatan PW nanti, dengan cara melayani tamu-tamu dan undangan,” kunci dia.

Sumber: http://iainambon.wordpress.com

0 comments:

Followers