PRAMUKA PILAR PENDIDIKAN KAUM MUDA DI INDONESIA

SEIRAMPAH (Berita): Revitalisasi gerakan Pramuka sebagai salah satu pilar pendidikan kaum muda di Indonesia yang  berjalan selama tiga tahun terakhir ini telah memperlihatkan hasil yang cukup menggembirakan dan  memantapkan eksistensi gerakan Pramuka serta meningkatkan fungsi gerakan Pramuka.
Hal itu diungkapkan Ketua Kwartir Nasional ( Ka Kwarnas) Gerakan Pramuka Prof. DR. H Azrul Azwar, MPH dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H.T. Erry Nuradi selaku Ka Mabicab Kabupaten Serdang Bedagai pada upacara peringatan hari Pramuka ke-48 tahun 2009 yang dilaksanakan di lapangan bola kaki Sei Bamban, Jumat kemarin.
Hadir dalam acara tersebut Wabup H. Soekirman, Sekretaris Kwarda Sumatera Utara Mukhlis Muchtar, anggota DPRD Sergai Drs. Sayuti Nur M.Pd, Plt. Sekdakab Sergai Drs. H Haris Fadillah M.Si, Ketua TP PKK Sergai Ny. Hj. Evi Diana Erry, Ketua DPC GOPTKI Sergai Ny. Hj. Marliah Soekirman, Asisten Pemum Drs. H. Zainal Arifin, Asisten Ekbangsos Drs. M. Aladin Berutu, Ka Kwarcab Sergai Drs. H. Rifai Bakri Tanjung M.AP, para Kadis, Kabag, Camat, pelatih, pembina, pandega, penegak, penggalang dan siaga.
Dikemukakan Ka Kwarnas bahwa secara bertahap tetapi pasti citra dan kinerja gerakan Pramuka tampak makin membaik dan bersamaan dengan itu berbagai kegiatan kepramukaan semakin banyak dilaksanakan untuk tercapainya visi dan misi gerakan Pramuka yakni mempersiapkan para pemimpin bangsa yang memiliki watak, kepribadian dan ahklak mulia pada masa depan.
Pada masa awal kebangkitan nasional para anggota Pramuka mempunyai peranan besar dalam membangkitkan semangat kebangsaan dan pada tahun 1920 berperan besar dalam menggalang semangat persatuan untuk kemudian berperan dalam menggelorakan semangat bela Negara, kata Ka. Kwarnas.
Hakekat dasar pendidikan kepramukaan menurut Ka Kwarnas adalah meningkatkan penghayatan dan pengamalan nilai-nilai kepramukaan, yakni satya dan darma Pramuka kepada seluruh peserta didik, sehingga mereka dapat dipersiapkan menjadi kader pimpinan bangsa yang tangguh pada masa yang akan dating.
Kepada para anggota muda gerakan Pramuka, sangatlah tepat pilihan adik-adik Pramuka untuk aktif dalam kegiatan kepramukaan karena mengikuti pendidikan formal saja tidak cukup dan untuk hasil yang optimal dalam pembentukan watak, kepribadian dan akhlak mulia adik-adik perlu menambah dan meningkatkan wawasan serta pemahaman dengan mengikuti pendidikan melalui gerakan pramuka, harap Ka Kwarnas.
Sementara itu Drs H Rifai Bakri Tanjung M.AP selaku Ka Kwarcab Pramuka Kabupaten Serdang Bedagai dalam rangkaian hari Pramuka itu juga melaporkan bahwa gerakan Pramuka sebagai penyelenggara pendidikan kepanduan Indonesia merupakan bagian pendidikan nasional yang bertujuan untuk membina kaum muda dalam mencapai potensi spiritual, sosial, intelektual dan fisiknya agar mereka menjadi manusia yang berkepribadian, berwatak dan berbudi pekerti luhur, beriman serta bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Kwartir Cabang Sergai menurut Rifai Bakri Tanjung telah banyak berpartisipasi dalam setiap event kegiatan daerah, nasional dan internasional yaitu, latihan pengelolaan dewan kerja, kursus pembina dasar, pesantren kilat, jambore daerah dan nasional, raimuna daerah dan nasional, Pramuka peduli Aceh dan Nias dan perkemahan muhibah negeri Malaka Malaysia.
Pada peringatan yang dihadiri ribuan Pramuka Kabupaten Sergai tersebut juga digelar atraksi berupa senam pramuka dari gudep 039-040 SMP Negeri 2 Perbaungan, kolone stok dari Kwaran Dolok Masihul, senam lantai dari saka Bhayangkara Polres Sergai, penampilan dari dewan kerja cabang Sergai, drum band dari gudep 061-062 SMA N 1 Sei Rampah. (fad)

0 comments:

Followers