JAWA : PRAMUKA TANAM POHON SEPANJANG REL KERETA API

BERITA - jawa.infogue.com - - Ratusan pelajar sekolah dasar berseragam pramuka menanam sekitar 1.500 batang pohon kayu di sepanjang rel kereta api yang dimulai dari Stasiun Kota Cimahi, Rabu (22/4). Menurut rencana, 12 stasiun lainnya akan melakukan hal serupa.
Humas PT Kereta Api Daerah Operasi 2 Bandung Bambang Setyo Prasetyo menuturkan, 12 stasiun lain itu adalah stasiun Padalarang, Plered, Sukatani, Purwakarta, Cibungur, Cicalengka, Leles, Cibatu, Cipeundeuy, Ciawi, Ciamis, dan Banjar. Kegiatan ini sudah dimulai sejak bulan Desember 2008 dengan 2.500 pohon yang sudah ditanam.
Menurut Direktur Jendral Perkeretaapian Tundjung Inderawan, penanaman pohon ini selain untuk mengatasi masalah pemukiman kumuh yang ada di sepanjang rel adalah untuk memperkuat struktur tanah di sekitar rel kereta. Upaya ini sudah dilakukan di Jakarta dan diharapkan dalam jangka panjang bisa diterapkan untuk seluruh rel kereta.
Tundjung menerangkan, rel kereta yang melintasi daerah perbukitan termasuk dalam wilayah rawan longsor. Itu diperparah dengan perubahan ekologi seiring zaman dari sebelumnya banyak ditumbuhi pohon yang bisa mengikat struktur tanah menjadi tanaman musiman yang menyebabkan tanah labil.
Dia tidak menyebutkan angka pasti daerah rawan longsor di sekitar rel kereta api di Pulau Jawa. "Yang jelas, rel kereta yang melintasi perbukitan memiliki resiko yang sama tinggi terhadap longsor. Juga tidak menutup kemungkinan daerah yang datar untuk terkena bencana lain seperti banjir. Salah satu contohnya adalah Kota Semarang. Upaya yang kami lakukan adalah meninggikan badan rel," terang Tundjung.

0 comments:

Followers