Rumah Bumipandhu




P E N G E R T I A N

Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega yang selanjutnya disingkat Dewan Kerja adalah wadah pengembangan kepemimpinan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega di tingkat Kwartir, beranggotakan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega, bersifat kolegial dan merupakan bagian dari Kwartir yang mengelola Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega


Nah, jadi kalau Dewan Kerja Ranting yaa, dewan kerja yang berkedudukan di Kwartir Ranting. Dewan Kerja Ranting Tasikmadu adalah Dewan Kerja yang bertugas mengelola Pramuka Penggalang, Penegak dan Pramuka Pandega di Tasikmadu.

V I S I


Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pandega Kwartir Ranting Tasikmadu adalah sebuah wadah pengembangan kepemimpinan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega di tingkat Kwartir Ranting Tasikmadu yang berkedudukan sebagai bagian dari kwartir yang mengelola Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega.
Sebagai suatu sarana pengkaderan dalam Gerakan Pramuka Dewan Kerja Ranting Tasikmadu dibentuk dengan tujuan memberi kesempatan kepada Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega di wilayah Kwartir Ranting Tasikmadu untuk menambah pengetahuan, ketrampilan dan pengalaman dalam pengelolaan organisasi, pengembangan bakat kepemimpinan dalam rangka usaha pengembangan pribadi dan pengabdiannya kepada Gerakan Pramuka, masyarakat, bangsa dan negara.
Dalam Rangkaian sejarah perkembangan Gerakan Pramuka Kwartir Ranting tasikmadu, Dewan Kerja Ranting Tasikmadu telah mengalami banyak perubahan. Perubahan disini mancakup kuantitas dan sumber daya para anggotanya serta sistem pengorganisasian Intern dalam tubuh Dewan Kerja Ranting Tasikmadu. sejalan dengan bertambahnya anggota serta makin beragamnya selera serta kebutuhan Generasi muda dimasa sekarang, Dewan Kerja Ranting Tasikmadu mencoba Meramu segala aspek yang menjadi daya tarik pemuda yang saat ini semakin termakan peradaban zaman yang cenderung meninggalkan norma serta tatanan sosial masyarakat. Dengan tetep berpegang pada aturan organisasi, Dewan Kerja Ranting Tasikmadu Mencoba Membuat Organisasi ini menjadi suatu wadah yang diminati oleh generasi muda dimasanya. Hal ini didasarkan pada kecenderungan hilang simpati dan ketertarikan terhadap gerakan Pramuka, sehingga Pramuka termarginalkan dalam pilihan aktifitas mereka.


Dengan Menjadikan PANDHU YUDHA SATRIA sebagai semboyan kehormatan, Dewan Kerja ranting Tasikmadu mencoba tetap kokoh berdiri di arus deras peradaban ini dengan tetap lantang serukan SATYAKU KUDARMAKAN, DARMAKU KUBAKTIKAN...



M I S I


PANDHU YUDHA SATRIA, berarti Pejuang pandhu yang berjiwa kesatria. Keluarga besar Pramuka Penegak dan Pandega Kwartir Ranting Tasikmadu mestinya bangkit dengan sifat-sifat yang telah membesarkannya itu.
Menurut Petunjuk Penyelenggaraan Dewan Kerja, SK Kwarnas nomor 224 TAHUN 2007disebutkan bahwa fungsi Dewan Kerja adalah,
1) Pelaksana kebijakan kwarran tentang kegiatan Pramuka Penegak dan Pramuka
Pandega termasuk kegiatan satuan karya pramuka;
2) Perencana dan penyelenggara pembinaan Pramuka Penegak dan Pramuka
Pandega sesuai dengan keputusan Musppanitera Ranting;
3) Pemberi sumbangan pikiran dan laporan kepada kwarran tentang perencanaan
pengorganisasian dan pelaksanaan pengembangan kegiatan Pramuka Penegak
dan Pramuka Pandega;
4) Penggerak Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam pelaksanaan kegiatan
di tingkat ranting;
5) Persemaian kader pimpinan.
Dewan kerja dibentuk sebagai wadah pengembangan kepemimpinan Pramuka Penegak dan Pandega. Atas dasar fugsi dan maksud yang diinginkan dalam pembentukan dewan kerja, maka dapat dikatakan bahwa dewan kerja memiliki dua fungsi kelembagaan sebagai lembaga dewan dan lembaga kerja. Sebagai lembaga dewan, dewan kerja adalah koordinasi bagi wadah pembinaan lainnya serta merupakan wadah penampung aspirasi penegak dan pandega untuk kwartir. Sebagai lembaga kerja, dewan kerja merupakan pengelola kegiatan penegak dan pandega di kwartirnya.
Saat ini, Kwartir Ranting Kecamatan Tasikmadu, dalam kondisi lesu. Kegiatan kepramukaan khususnya penegak dan pandega rasanya semakin tidak diminati dan semakin ditinggalkan. Itulah sebabnya, Penegak dan Pandega Tasikmadu harus segera mengadakan introspeksi dan perbaikan serta pembenahan diri untuk mereposisi dirinya.
Bagaimanapun juga telah terjadi hubungan timbal balik sebab akibat antara kehidupan Dewan Kerja Ranting Tasikmadu dengan kondisi kepramukaan Penegak dan Pandega. Saat ini, keduanya saling menyebabkan. Oleh karena itu dituntut adanya peranan aktif dan arif dari kwartir Ranting selaku pembina dan orang dewasa. Sudah saatnya melalui tujuan revitalisasi Gerakan Pramuka, kegiatan Pramuka penegak dan pandega dan dewan kerja kembali digairahkan dengan berbagai inovasi yang lebih populer.
Mengenang sejarah panjang perjalanan Dewan Kerja Ranting Tasikmadu,bertepatan dengan ajakan Presiden Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono, mengenai revitalisasi Gerakan Pramuka, pantas bila semua jajaran Gerakan Pramuka Khususnya Dewan Kerja Tasikmadu mereposisi diri dan segera berbuat untuk memperbaiki keadaan.

0 comments:

Followers